Sabtu, 29 Desember 2012

“Bejo” Bersama Pak Bejo


Selama 5 minggu, dimulai dari tanggal 08 Oktober hingga 10 November 2012, mahasiswa jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta melaksanakan praktek kerja lapangan di Puskesmas di Kota Yogyakarta. Di Kelas Reguler, kelompok terbagi menjadi 7, yaitu di Puskesmas Gondokusuman 1, Puskesmas Mantrijeron, Puskesmas Kotagedhe 1, Puskesmas Mergangsan, Puskesmas Pakualaman, Puskesmas Wirobrajan, dan Puskesmas Umbulharjo 1.
Saya dimasukkan ke dalam kelompok Puskesmas Gondokusuman 1 bersama Anindita Riski Iswari, Dicky Ari Wijaya, Latiefa Widyantari, Mufiroh, dan Ramadani Sukaningtyas.
Puskesmas Gondokusuman 1 adalah unit pelaksana pembangunan kesehatan di wilayah kecamatan Gondokusuman. Yang dimaksud unit pelaksana adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya.
Wilayah kerja Puskesmas Gondokusuman 1 meliputi 3 kelurahan dari 5 kelurahan yang ada di Kecamatan Gondokusuman, yaitu : Kelurahan Demangan, Kelurahan Baciro,  dan Kelurahan Klitren. Luas wilayah kerja Puskesmas Gondokusuman 1 ± 221 Ha, terletak di ketinggian 114 m di atas permukaan laut, dengan topografi dataran rendah. Dengan jumlah penduduk 37351 jiwa, terdiri dari : 18508 jiwa jumlah penduduk laki-laki dan 18843 jiwa penduduk perempuan.
Wilayah kerja Puskesmas Gondokusuman 1 mempunyai batas-batas wilayah sebagai berikut:
a.      Sebelah utara    : Kecamatan Depok Kabupaten Sleman  
b.      Sebelah selatan : Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta
c.       Sebelah barat    : Kecamatan  Umbulharjo Kota Yogyakarta
d.      Sebelah timur    : Kecamatan Depok Kabupaten Sleman
Selama berada di Puskesmas Gondokusuman 1, mahasiswa wajib menyelesaikan praktek 4 mata kuliah yaitu STTU (Sanitasi Tempat-Tempat Umum), Penyehatan Permukiman, Klinik sanitasi dan Lingkungan Kerja Industri.
Selama praktek di Puskesmas Gondokusuman 1, kami dibimbing oleh sanitarian Puskesmas Gondokusuman 1 yaitu Bp. Bejo, AMKL. Dalam melaksanakan praktek ini, kami banyak mendapatkan pembelajaran dan pengalaman yang sangat berharga. Kami dapat mengenal dan mengetahui permasalahan apa yang ada di masyarakat, dan peran sanitarian dalam menghadapi permasalahan tersebut. Selain itu, kami juga mendapatkan ilmu yang belum kami dapatkan di bangku perkuliahan.
Terimakasih Bp. Bejo atas segala bimbingan yang diberikan kepada kami. Semoga kami dapat meneruskan perjuangan Bapak, menjadi sanitarian yang mengabdi kepada lingkungan dan masyarakat. Amin...
bersama Bp. Bejo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar